Skip to main content

Perencanaan Keuangan Modal awal, Fix cost, Variabel Cost.


Kewirausahaan

Mengawali karir dari sebuah bisnis memang tidak mudah, perlu jiwa kepemimpinan dalam pengambilan keputusan yang tepat. Pada era globalisasi seperti sekarang ini,  banyak masyarakat yang menderita rabun senja atau juga mata minus diakibatkan penggunaan tekologi berupa gadget dan pc sehari-hari dalam bekerja dan aktifitas yang menggunakan teknologi. Tentu  saja dari hal tersebut menjadi peluang yang sangat besar untuk berbisnis di bidang fashion kacamata.

Modal awal untuk menjalankan usaha fashion ini sebagai berikut :

Modal awal usaha

Etalase interior display

Rp. 3.250.000

Frame kacamata (berbagai jenis & brand)

Rp. 7.500.000

Cermin 2 buah

Rp. 140.000

Kursi 5 buah

Rp. 825.000

Trail lens

Rp. 6.500.000

Refraktometer komputer

Rp. 25.000.000

Jumlah

Rp. 43.215.000

Total modal awal berkisaran pada angka 43 juta, jika dihitung perbulannya dalam kurun waktu 1 tahun maka didapat harga Rp. 3,601,250/bulan.

Lalu terdapat Fixed cost biaya yang jumlahnya tetap tanpa terpengaruhi oleh banyak atau sedikitnya barang yang dijual atau dihasilkan. Fixed cost akan terasa semakin hemat apabila produksi atau penjualan semakin besar dalam periode satu bulan. Fixed cost bersifat tetap dan cenderung stabil untuk perusahaan agar dapat mengantisipasi dan membuat budgeting untuk mengendalikan pengeluaran biaya tersebut.

Fixed Cost

Gaji karyawan

Rp.3.900.000

Tempat sewa berupa ruko

Rp.200.000.000/tahun

Depresiasi Refraktometer computer (2 tahun)

Tahun

Buku awal

Persen

Penyusutan

Akumulasi penyusutan

Buku Berakhir

2021

Rp.25.000.000

50%

Rp.12.487.500

 

Rp.12.487.500

 

Rp.125.125.00

2022

Rp.12.512.500

50%

Rp.12.487.500

 

Rp.24.997.500

Rp. 25.000



Selanjutnya pada table variable cost terdapat biaya ang akan berubah menjadi besar atau kecil tergantung pada banyaknya produk dan jasa yang dihasilkan atau dijual.

Variable Cost

Listrik 2200 kwh 12jam/perbulan

Rp.1.164.350

Biaya transport

Rp.120.000

Tenaga Kerja tambahan

Rp. 1.500.000

Biaya Peralatan sekali pakai (bensin, oli mesin, sparepart)

Rp. 1.200.000


Dari perencanaan keuangan tersebut bisa melebihi dari yang ditulis karena semakin pesatnya perkembangan digitalisasi pada era ini. Penulis sadar betul bahwa yang diberikan belum bisa memenuhi ekspektasi dari pembaca. Demikian yang bisa disampaikan kurang lebihnya bisa disampaikan melalui pesan kritik terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Segmentasi, Targeting dan Positioning Pada Produk Kacamata Modish

Saat ini, kacamata hitam tak hanya digunakan sebagai penghalau atas teriknya sinar matahari. Kacamata hitam adalah pernyataan gaya urban masa kini!  Dengan semakin banyaknya penggunaan kacamata hitam untuk bagian dari gaya modis, maka bentuknya pun tak biasa saja. Kian banyak produsen kacamata yang melakukan inovasi pada bentuk dan gaya dari kacamata itu sendiri. Bahkan, ada pembagian kacamata untuk musim panas, gaya minimalis hingga yang dikhususkan untuk clubbing. Perubahan gaya ini pun memunculkan peluang bisnis yang sangat manis. Para produsen kacamata bisa berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata yang tidak biasa, yang akan menarik minat para penggunanya yang modis. Segmentasi Gaya hidup belanja online semakin hari semakin melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang melakukan pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka. Diharapkan  toko Heraldsal dapat memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat ini. Si...

VRIO meaning is Value, Rare, Inimtable, Organization

Analisis VRIO Haloo, kali kita akan membahas mengenai VRIO dalam kewirausahaan. Tahukah kalian  Apa yang membuat organisasi kita bisa menjadi istimewa? Perlu kalian ketahui kerangka kerja VRIO adalah alat perencanaan strategis yang dirancang untuk membantu organisasi mengungkap dan melindungi sumber daya dan kemampuan yang memberi mereka keunggulan kompetitif jangka panjang. Perhatikan bahwa kami tidak hanya berbicara tentang daftar kekuatan kalian , yang merupakan hal-hal yang Kalian lakukan dengan baik tetapi tidak selalu unik untuk organisasi Kalian. Kita juga tidak berbicara tentang keuntungan yang bersifat sementara. Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah keunggulan yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing di masa mendatang; mereka juga merupakan elemen penting dari kesuksesan bisnis.  Apakah Kalian memiliki satu atau banyak keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, analisis VRIO akan membantu Kalian mengidentifikasi dan memanfaatkannya sebagai bagian da...

Bauran Pemasaran

                                                         Bauran pemasaran kacamata stylish Bauran Pemasaran yaitu pemasaran yang digunakan dalam mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditujukan seperti E-commerce, Online Shop ataupun Offline Store. Dalam Bauran Pemasaran strategi yang memadukan kegiatan pemasaran dalam satu waktu untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.  1.       Produk Sebuah barang yang dibuat dan dihasilkan dari sebuah bisnis yang dijalankan dan dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.  Produk kali ini adalah bagaimana pemasaran Produk Kacamata Stylish yang berguna dalam penggunaan sehari-hari maupun tahunan dengan desain kacamata yang moder...