Skip to main content

Bauran Pemasaran

                                             Bauran pemasaran kacamata stylish

Bauran Pemasaran yaitu pemasaran yang digunakan dalam mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditujukan seperti E-commerce, Online Shop ataupun Offline Store. Dalam Bauran Pemasaran strategi yang memadukan kegiatan pemasaran dalam satu waktu untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. 

1.      Produk

Sebuah barang yang dibuat dan dihasilkan dari sebuah bisnis yang dijalankan dan dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen. 

Produk kali ini adalah bagaimana pemasaran Produk Kacamata Stylish yang berguna dalam penggunaan sehari-hari maupun tahunan dengan desain kacamata yang modern dan trendy yang selalu mengikuti perubahan jaman.

Brand adalah sebuah produk dari produsen yang bertujuan untuk dapat memperkenalkan produknya guna membedakan dengan produk lain dari segi kualitas, harga dan bahan sdm. Brand yang digunakan berdasarkan Kerjasama antara perusahaan dengan pebisnis dengan kesepakatan yang disetujui, brand-brand yang bekerjasama dengan Gucci, Calvin Klein, Bvlgari, Ana Hickmann, Guess, Levi’s, Versace dan brand-brand lainnya.

Ø  Variasi Jenis Produk kacamata

Variasi produk yaitu bagaimana kegunaan, fungsi dan peran dalam pemakaian sehari-hari agar nyaman digunakan oleh konsumen. Variasi kacamata dikategorikan sebagai berikut

à Frame kacamata wayfarer ditujukan untuk wajah seseorang yang bulat,

à Cat Eye untuk Wajah Seseorang berbentuk oval,

à Kacamata bulat untuk wajah berbentuk Persegi dan

à Kacamata Oversized untuk Wajah berbentuk Lonjong.

Selain Frame kacamata, kacamata juga memiliki varian produk lensa yang bagus digunakan dalam jangka waktu tertentu. Lensa tersebut meliputi

·         Lensa Single Vision

Sebuah lensa tunggal yang hanya terdiri dari satu titik fokus yang dapat memperbaiki gangguan penglihatan untuk satu ukuran saja.

·         Lensa Bifocal

Lensa bifokal memiliki dua titik fokus. Dipergunakan untuk membantu penglihatan jauh dan dekat

·         Lensa Rogressive

Kegunaan memiliki titik fokus ganda yang berguna untuk mengoreksi rabun dekat dan rabun jauh.

·         Lensa Transisi

lensa jenis ini adalah kemampuannya untuk berubah warna. Perubahan warna pada lensa terjadi karena adanya sifat cahaya yang terpolarisasi.

·         Lensa Kacamata Mirror

Jenis lensa ini merupakan tren yang sedang diminati, karena menghadirkan nuansa yang lebih klasik jika dibandingkan dengan kacamata hitam kebanyakan.

·         Lensa (Minus, plus, silinder)

Lensa minus adalah lensa yang digunakan untuk membantu penglihatan pengguna yang mengalami rabun jauh (miopi).

Lensa Plus, Pengguna dengan rabun dekat (hipermetropi) memiliki sistem lensa yang lemah sehingga bayangan yang dipantulkan jatuh di belakang retina.

Lensa silinder digunakan untuk membantu penglihatan pengguna dengan gangguan astigmatisma.

·          Photochromic

Tidak jauh berbeda dengan Transisi, lensa memiliki kandungan photochromic yang telah dipatenkan sehingga mampu berubah warna sesuai dengan paparan cahaya atau sinar UV yang ada. 

Ø  Deksripsi Penjualan

Kacamata adalah sebuah lensa tipis untuk menormalkan dan membantu menetralkan pengelihatan mata dalam kehidupan sehari-hari. Kacamata memiliki banyak fungsi, selain untuk membantu pengelihatan, kacamata juga berguna sebagai fashion Wanita ataupun Pria pada umumnya. Kacamata juga dapat membantu mengurangi tingkat radiasi pada monitor computer ataupun gadgets dalam jangka waktu yang lama. Bentuk kacamata juga bermacam-macam mulai dari persegi hingga lingkaran. Kacamata sangatlah berguna bagi kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan pokok manusia hingga ekonomi manusia.

2.      Harga

Harga dari masing-masing kacamata dari setiap frame, lensa dan motif yang ingin digunakan dalam pemakaian mencakup kisaran Rp.200.000 – 1.000.000 ke atas, semua tergantung dari brand apa yang diinginkan, lensa, frame kacamata dan motif jenis lensanya. Berikut harga beberapa list kacamata berdasarkan kegunaan untuk pemakai.

Tabel untuk Fashion Travelling dan daily

Fashion Code

Brand

Harga

Metal Square

Gucci

6.365.000

Flat Top Bottage

Gucci

6.438.000

Tortoise

Calvin Klein

2.350.000

BV6105B 20148G

Square Sunglasses

 

Bvlgari

2.553.355

Ana Hickman AH6296

Ana Hickmann

1.728.000

GU 8237 001

Guess

1.980.000

LV 1011 LHF

Levi’s

1.782.000

VE2226 100287

Versace

3,752,076

Tabel untuk Fashion minus/plus/silinder

Fashion Code

Brand

Deks

Hareg

Caydem

Monkeysee Eyewear

Anti Blue Ray Photochromic (2 in 1)

795,000

Kaito Eren Signature

Kaito

Lensa standar, untuk wajah Sedang – Besar.

999.000

Ixoora Arcilla

Ixoora

Photocromic

265.000

F RE RBV8530A BLK 53

Reebok

Material black plastik

1.420.250

3.      Promosi

Promosi yang dilakukan dengan bantuan social media tentunya untuk menarik minat pembeli, jika mengandalkan offline store toko tidak akan berkembang justru akan merugi secara perlahan. Promosi berguna menaikkan status rating penjualan pada market, oleh karena ituh promosi di social media dilakukan. Social media yang digunakan antara lain Instagram, Iklan, Facebook, Whatsapp, tiktok dan twitter. Lalu terakhir menggunakan Brand Ambassador sebagai pemanis agar konsumen semakin percaya tentunya untuk membeli di toko kami karena feedback positif dari BA dengan followers yang banyak.

4.      Distribusi

Distribusi produk disalurkan ke berbagai daerah dan kota, tujuannya agar toko mudah ditemukan dan dijangkau konsumen. Tempat distribusi berada pada Ruko dalam Mall atau di tempat yang strategis seperti plaza dan sekitarnya yang ramai kalayak yang nantinya dibangun sebuah toko/ruko berdasarkan nama bisnis yang dibangun. Selain itu distribusi digital digunakan untuk pemasaran produk secara non-fisik yang nantinya ketika konsumen membeli akan dibuatkan langsung produk fisik yang sesuai lalu diantarkan kerumah.

=================================================================

Segmetnasi, Targeting, Positioning

Selanjutnya penggunaan metode STP ( Segmetnasi, Targeting, Positioning ) pada Kacamata stylish yang perubahan gaya ini memunculkan peluang bisnis yang menggiurkan. Para produsen kacamata bisa berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata yang tidak biasa, yang akan menarik minat para penggunanya yang modis.

Berikut adalah contoh produk pada kacamata stylish yang telah diterangkan, pada gambar tersebut terdapat brand dan fresh imajinasi dari masing-masing brand yang membuat.







Dari STP dijabarkan dari setiap kegunaan dalam bisnis perusahaan sebagai berikut.

Segmentasi

Gaya hidup belanja online semakin hari semakin melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang melakukan pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka. Diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat ini. Sikap konsumen terhadap hal baru dengan adanya penjualan toko online diharapkan memiliki respond yang baik terhadap toko.

Targeting 

Semua konsumen yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, pada usia remaja hingga lanjut usia. Target konsumen di atas merupakan pasar yang potensial, karena toko menawarkan fasilitas yang sangat membantu para remaja yang hobi online untuk mencari kacamata dan konsumen yang lanjut usia untuk memudahkan mereka mencari kacamata dan memeriksakan matanya.

Positioning 

Positioning sangat penting bagi para pengusaha untuk membuka usahanya, karena dapat menjadi ciri khas dari usahanya yang menjadi beda dari para pesaing untuk menarik para pelanggan yang potensial. Toko menawarkan fasilitas online sehingga dapat memudahkan para konsumennya untuk memperoleh kacamata dalam keterbatasan waktu dan kesibukan yang di alami oleh para konsumennya, selain itu juga memberikan kualitas produk yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

Segmentasi, Targeting dan Positioning Pada Produk Kacamata Modish

Saat ini, kacamata hitam tak hanya digunakan sebagai penghalau atas teriknya sinar matahari. Kacamata hitam adalah pernyataan gaya urban masa kini!  Dengan semakin banyaknya penggunaan kacamata hitam untuk bagian dari gaya modis, maka bentuknya pun tak biasa saja. Kian banyak produsen kacamata yang melakukan inovasi pada bentuk dan gaya dari kacamata itu sendiri. Bahkan, ada pembagian kacamata untuk musim panas, gaya minimalis hingga yang dikhususkan untuk clubbing. Perubahan gaya ini pun memunculkan peluang bisnis yang sangat manis. Para produsen kacamata bisa berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata yang tidak biasa, yang akan menarik minat para penggunanya yang modis. Segmentasi Gaya hidup belanja online semakin hari semakin melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang melakukan pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka. Diharapkan  toko Heraldsal dapat memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat ini. Si...

VRIO meaning is Value, Rare, Inimtable, Organization

Analisis VRIO Haloo, kali kita akan membahas mengenai VRIO dalam kewirausahaan. Tahukah kalian  Apa yang membuat organisasi kita bisa menjadi istimewa? Perlu kalian ketahui kerangka kerja VRIO adalah alat perencanaan strategis yang dirancang untuk membantu organisasi mengungkap dan melindungi sumber daya dan kemampuan yang memberi mereka keunggulan kompetitif jangka panjang. Perhatikan bahwa kami tidak hanya berbicara tentang daftar kekuatan kalian , yang merupakan hal-hal yang Kalian lakukan dengan baik tetapi tidak selalu unik untuk organisasi Kalian. Kita juga tidak berbicara tentang keuntungan yang bersifat sementara. Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah keunggulan yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing di masa mendatang; mereka juga merupakan elemen penting dari kesuksesan bisnis.  Apakah Kalian memiliki satu atau banyak keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, analisis VRIO akan membantu Kalian mengidentifikasi dan memanfaatkannya sebagai bagian da...