Bauran pemasaran kacamata stylish
Bauran Pemasaran yaitu pemasaran yang
digunakan dalam mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditujukan seperti
E-commerce, Online Shop ataupun Offline Store. Dalam Bauran Pemasaran strategi
yang memadukan kegiatan pemasaran dalam satu waktu untuk meningkatkan
penjualan produk atau jasa.
1. Produk
Sebuah barang yang dibuat dan dihasilkan dari sebuah bisnis yang dijalankan dan dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.
Produk kali ini adalah bagaimana pemasaran Produk Kacamata Stylish yang berguna dalam penggunaan sehari-hari maupun tahunan dengan desain kacamata yang modern dan trendy yang selalu mengikuti perubahan jaman.
Brand adalah sebuah produk dari produsen yang bertujuan untuk dapat memperkenalkan produknya guna membedakan dengan produk lain dari segi kualitas, harga dan bahan sdm. Brand yang digunakan berdasarkan Kerjasama antara perusahaan dengan pebisnis dengan kesepakatan yang disetujui, brand-brand yang bekerjasama dengan Gucci, Calvin Klein, Bvlgari, Ana Hickmann, Guess, Levi’s, Versace dan brand-brand lainnya.
Ø Variasi
Jenis Produk kacamata
Variasi produk yaitu bagaimana kegunaan, fungsi dan peran dalam pemakaian sehari-hari agar nyaman digunakan oleh konsumen. Variasi kacamata dikategorikan sebagai berikut
à Frame
kacamata wayfarer ditujukan untuk wajah seseorang yang bulat,
à Cat
Eye untuk Wajah Seseorang berbentuk oval,
à Kacamata
bulat untuk wajah berbentuk Persegi dan
à Kacamata Oversized untuk Wajah berbentuk Lonjong.
Selain Frame kacamata,
kacamata juga memiliki varian produk lensa yang bagus digunakan dalam jangka
waktu tertentu. Lensa tersebut meliputi
·
Lensa Single Vision
Sebuah lensa tunggal yang hanya terdiri dari satu titik fokus
yang dapat memperbaiki gangguan penglihatan untuk satu ukuran saja.
·
Lensa Bifocal
Lensa bifokal memiliki
dua titik fokus. Dipergunakan untuk membantu penglihatan jauh dan dekat
·
Lensa Rogressive
Kegunaan
memiliki titik fokus ganda yang berguna untuk mengoreksi rabun dekat dan rabun
jauh.
·
Lensa Transisi
lensa jenis
ini adalah kemampuannya untuk berubah warna. Perubahan warna pada lensa terjadi
karena adanya sifat cahaya yang terpolarisasi.
·
Lensa Kacamata Mirror
Jenis lensa
ini merupakan tren yang sedang diminati, karena menghadirkan nuansa yang lebih
klasik jika dibandingkan dengan kacamata hitam kebanyakan.
·
Lensa (Minus, plus, silinder)
Lensa minus adalah lensa yang digunakan untuk membantu penglihatan pengguna
yang mengalami rabun jauh (miopi).
Lensa Plus, Pengguna dengan rabun dekat (hipermetropi) memiliki sistem
lensa yang lemah sehingga bayangan yang dipantulkan jatuh di belakang retina.
Lensa
silinder digunakan untuk membantu penglihatan
pengguna dengan gangguan astigmatisma.
·
Photochromic
Tidak jauh berbeda dengan Transisi, lensa memiliki kandungan photochromic yang telah dipatenkan sehingga mampu berubah warna sesuai dengan paparan cahaya atau sinar UV yang ada.
Ø Deksripsi Penjualan
Kacamata adalah sebuah lensa tipis
untuk menormalkan dan membantu menetralkan pengelihatan mata dalam kehidupan
sehari-hari. Kacamata memiliki banyak fungsi, selain untuk membantu
pengelihatan, kacamata juga berguna sebagai fashion Wanita ataupun Pria pada
umumnya. Kacamata juga dapat membantu mengurangi tingkat radiasi pada monitor computer
ataupun gadgets dalam jangka waktu yang lama. Bentuk kacamata juga
bermacam-macam mulai dari persegi hingga lingkaran. Kacamata sangatlah berguna bagi
kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan pokok manusia hingga ekonomi manusia.
2. Harga
Harga dari masing-masing kacamata dari
setiap frame, lensa dan motif yang ingin digunakan dalam pemakaian mencakup
kisaran Rp.200.000 – 1.000.000 ke atas, semua tergantung dari brand apa yang diinginkan,
lensa, frame kacamata dan motif jenis lensanya. Berikut harga beberapa list kacamata
berdasarkan kegunaan untuk pemakai.
Tabel
untuk Fashion Travelling dan daily
|
Fashion Code |
Brand |
Harga |
|
Metal Square |
Gucci |
6.365.000 |
|
Flat Top Bottage |
Gucci |
6.438.000 |
|
Tortoise |
Calvin
Klein |
2.350.000 |
|
BV6105B 20148G Square
Sunglasses
|
Bvlgari |
2.553.355 |
Ana
Hickman AH6296
|
Ana Hickmann |
1.728.000 |
|
GU 8237 001 |
Guess |
1.980.000 |
|
LV 1011 LHF |
Levi’s |
1.782.000 |
|
VE2226 100287 |
Versace |
3,752,076 |
Tabel
untuk Fashion minus/plus/silinder
|
Fashion
Code |
Brand |
Deks |
Hareg |
|
Caydem |
Monkeysee Eyewear |
Anti Blue Ray
Photochromic (2 in 1) |
795,000 |
Kaito Eren Signature
|
Kaito |
Lensa standar, untuk
wajah Sedang – Besar. |
999.000 |
|
Ixoora Arcilla |
Ixoora |
Photocromic |
265.000 |
|
F RE RBV8530A BLK 53 |
Reebok |
Material black plastik |
1.420.250 |
3. Promosi
Promosi yang dilakukan
dengan bantuan social media tentunya untuk menarik minat pembeli, jika
mengandalkan offline store toko tidak akan berkembang justru akan merugi secara
perlahan. Promosi berguna menaikkan status rating penjualan pada market, oleh karena
ituh promosi di social media dilakukan. Social media yang digunakan antara lain
Instagram, Iklan, Facebook, Whatsapp, tiktok dan twitter. Lalu terakhir
menggunakan Brand Ambassador sebagai pemanis agar konsumen semakin percaya
tentunya untuk membeli di toko kami karena feedback positif dari BA dengan
followers yang banyak.
4. Distribusi
Distribusi produk disalurkan ke
berbagai daerah dan kota, tujuannya agar toko mudah ditemukan dan dijangkau
konsumen. Tempat distribusi berada pada Ruko dalam Mall atau di tempat yang
strategis seperti plaza dan sekitarnya yang ramai kalayak yang nantinya
dibangun sebuah toko/ruko berdasarkan nama bisnis yang dibangun. Selain itu
distribusi digital digunakan untuk pemasaran produk secara non-fisik yang
nantinya ketika konsumen membeli akan dibuatkan langsung produk fisik yang sesuai
lalu diantarkan kerumah.
=================================================================
Segmetnasi,
Targeting, Positioning
Selanjutnya penggunaan metode STP ( Segmetnasi,
Targeting, Positioning ) pada Kacamata stylish yang perubahan gaya ini memunculkan peluang bisnis yang menggiurkan. Para
produsen kacamata bisa berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata
yang tidak biasa, yang akan menarik minat para penggunanya yang modis.
Berikut adalah contoh produk pada kacamata
stylish yang telah diterangkan, pada gambar tersebut terdapat brand dan fresh
imajinasi dari masing-masing brand yang membuat.
Dari STP dijabarkan dari setiap
kegunaan dalam bisnis perusahaan sebagai berikut.
Segmentasi
Gaya hidup belanja online semakin hari semakin
melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang melakukan
pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka. Diharapkan dapat
memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat ini. Sikap konsumen
terhadap hal baru dengan adanya penjualan toko online diharapkan memiliki
respond yang baik terhadap toko.
Targeting
Semua konsumen yang berjenis kelamin laki-laki
dan perempuan, pada usia remaja hingga lanjut usia. Target konsumen di atas
merupakan pasar yang potensial, karena toko menawarkan fasilitas yang sangat
membantu para remaja yang hobi online untuk mencari kacamata dan konsumen yang
lanjut usia untuk memudahkan mereka mencari kacamata dan memeriksakan matanya.
Positioning
Positioning sangat penting bagi para pengusaha untuk membuka usahanya, karena dapat menjadi ciri khas dari usahanya yang menjadi beda dari para pesaing untuk menarik para pelanggan yang potensial. Toko menawarkan fasilitas online sehingga dapat memudahkan para konsumennya untuk memperoleh kacamata dalam keterbatasan waktu dan kesibukan yang di alami oleh para konsumennya, selain itu juga memberikan kualitas produk yang baik.








Comments
Post a Comment