Skip to main content

UTS_MTholhahMansur_20190801050


PENDAHULUAN

Ø  Latar Belakang

Sejarah kacamata pertama kali dimulai dari Nero, seorang kaisar Roma, yang berkuasa pada tahun 54 sampai 68 Masehi. Nero selalu menggunakan batu permata cekung untuk membaca hingga menonton pertunjukan, walaupun tidak diketahui dengan pasti apakah Nero memiliki masalah dengan penglihatannya. Semakin majunya zaman dan perkembangan teknologi telah mendorong dalam berbagai sector ekonomi dan bisnis. Kacamata saat ini merupakan kebutuhan dari orang yang mengunakan kacamata, selain untuk membantu dalam penglihatan juga dapat digunakan untuk fasion.

Perkembangan kacamata dan lensa dari tahun ke tahun juga semakin menarik. Aneka model dan jenis lensa terbaru, terus diluncurkan oleh para produsen untuk menarik minat konsumen. kacamata tak hanya digunakan sebagai penghalau atas teriknya sinar matahari. Kacamata fashionh digunakan dengan gaya urban masa kini, dengan semakin banyaknya penggunaan kacamata hitam dan sebagainya untuk bagian dari gaya fashion, maka bentuknya pun tak biasa saja. Ada banyak produsen kacamata yang melakukan inovasi pada bentuk dan gaya dari kacamata itu sendiri. Bahkan, ada pembagian kacamata untuk musim panas, gaya minimalis hingga yang dikhususkan untuk clubbing. Perubahan gaya ini pun memunculkan peluang bisnis yang sangat manis. Para produsen kacamata bisa berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata yang tidak biasa, yang akan menarik minat para penggunanya yang fashion.

Akibat dari Rutinitas dalam beraktivitas dengan perangkat digital secara signifikan mengubah cara manusia menggerakkan mata. Terlebih, mata tidak pernah berhenti bekerja, kecuali saat tidur. Selain itu, arah pandangan mata tergantung pada objek yang sedang diminati, dan tentu saja juga pada kegiatan sehari-hari, baik itu percakapan, jalan-jalan di dalam kota atau aktivitas fisik yang terfokus. Dengan contoh sebuah brand kacamata, berupaya memberikan kelebihan pada fitur kacamata berupa penglihatan yang lebih optimal untuk semua kalangan usia. Semua aspek bagi penggunanya juga telah diperhitungkan dalam setiap pasangan lensa kacamata. Dengan menggunakan teknologi canggih, lensa ini dapat memberikan kenyamanan visual saat sibuk beraktivitas sepanjang hari baik di rumah maupun di kantor.

Ø  Problem

Dalam penjualuan kacamata fashionh atau fashionable secara online atau offline, Kesulitan mencocokkan volume penjualan pesaing, yang bisa menjadi kelemahan jika jumlah mereka yang lebih banyak memberi harga yang lebih baik dari vendor umum. Problem yang sering terikat oleh pengguna adalah perjuangan memilih frame kacamata dan lensa kacamata yang cocok untuk penggunaan sehari-hari dalam beraktifitas.

Seperti yang disebut tadi, pengguna dengan masalah penglihatan menginginkan dua hal yaitu untuk melihat dengan jelas dan terlihat keren dengan Frame kacamata yang sangat bergaya dan aksesori yang layak untuk menjadi landasan pacu. Sebuah survei terbaru dari Vision Council of America menemukan lebih dari 19 persen orang dewasa AS memakai kacamata tanpa resep, hanya untuk menjadi fashion. Banyak orang berpikir memakai kacamata , terlepas dari kebutuhan mereka untuk koreksi penglihatan, membuat mereka terlihat lebih rajin belajar, dewasa atau trendi. Faktanya, banyak pengguna yang memilih untuk memakai kacamata tanpa resep setelah menjalani operasi lasik hanya karena kacamata adalah bagian dari "penampilan" secara keseluruhan.

Ø  Solution

Sebagian besar orang tidak sadar bahwa mereka membutuhkan resep kacamata fashion. Pelanggan malah cenderung mencari kacamata baru yang fashion, tidak sadar bahwa tidak adanya resep dan perlindungan UV menimbulkan ketidaknyamanan visual. Dengan solusi kacamata hitam dan aksesoris yang diberikan fitur oleh brand, bisa menjawab setiap kebutuhan pengguna. Pengguna tidak perlu lagi mengorbankan fungsi demi fashion. Tingkat kenyamanan visual, performa, dan perlindungan luar ruangan mereka dengan kacamata hitam yang paling fashion.

Ø  Opportunity

Peluang untuk menjual kacamata  dapat mencakup peningkatan kehadiran di area dengan cuaca cerah, atau inventaris yang lebih besar menuju bulan-bulan musim panas. Jika bisnis Kalian saat ini meng-iklankan etalase atau kios untuk penjualannya. Menambahkan toko online memberi kalian cara untuk menemukan lebih banyak pembeli dan peluang untuk mengembangkan bisnis kalian. Kemampuan untuk menyesuaikan kacamata  dengan logo dan gambar yang tidak menghalangi pandangan seseorang, tren baru dalam bisnis kacamata , adalah kesempatan untuk menonjol jika kalian menawarkannya lebih awal, lebih murah atau lebih baik daripada pesaing. 


ANALISIS INTERNAL & EKSTERNAL

Ø  VRIO

Kerangka kerja VRIO adalah alat yang digunakan untuk menganalisis sumber daya dan kemampuan internal perusahaan untuk mengetahui apakah mereka dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Istilah VRIO berasal dari kata value, rarity, imitability dan organization

Kegunaan VRIO pada setiap perusahaan dibangun untuk menawarkan semacam keuntungan atau sumber daya khusus ke target pasarnya. Kerangka kerja VRIO adalah analisis internal yang membantu bisnis mengidentifikasi keunggulan dan sumber daya yang memberi mereka keunggulan kompetitif.

Ø  SWOT

Memulai bisnis kacamata  memberi kalian cara untuk bekerja dengan gaya fashion terbaru dan membantu orang memilih pasangan terbaik agar sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan luar ruangan mereka. Namun sebelum kalian membeli etalase pertama untuk diisi dengan kacamata  ,lakukan analisis SWOT untuk mendokumentasikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dapat mempengaruhi keberhasilan kalian dalam menjual kacamata. Menganalisis situasi dan potensi toko kalian sangat penting untuk membangun bisnis yang menguntungkan.

Strengths

Di bagian kekuatan analisis SWOT Kalian, penetapan harga mungkin menjadi poin yang kuat jika kalian menjual kacamata  kalian lebih murah daripada pesaing kalian. Kekuatan lain dapat terletak pada variasi gaya yang kalian tawarkan, seperti kacamata desainer dan gaya yang menarik untuk berbagai usia. Jika kalian adalah pemilik bisnis yang berpengalaman, itu adalah nilai plus lainnya dalam bisnis kacamata  kalian, terutama jika latar belakang kalian adalah ritel. Kekuatan lain mungkin termasuk kesediaan untuk mendidik konsumen tentang jenis perlindungan UV terbaik atau untuk menawarkan layanan perbaikan dasar gratis sehingga pembeli mengingat toko kalian saat mereka membutuhkan pasangan lain. Akses ke pemasok adalah kekuatan lain yang ingin di bawa ke bisnis kalian.

Weaknesses

Jika kalian hanya menjual kacamata modish secara online atau di toko ritel, kalian mungkin kesulitan mencocokkan volume penjualan pesaing, yang bisa menjadi kelemahan jika jumlah mereka yang lebih banyak memberi mereka harga yang lebih baik dari vendor umum. Bergantung pada berapa banyak ruang etalase yang disewa di daerah Kalian, hambatan masuk mungkin rendah yang bisa berarti persaingan ekstra. Kelemahan lain dari menjual kacamata  adalah fleksibilitas yang terbatas dalam penetapan harga. Terlalu tinggi, dan kalian mungkin kehilangan bisnis karena toko, kios, dan department store yang harganya lebih murah.

Opportunities

Peluang untuk menjual kacamata  dapat mencakup peningkatan kehadiran di area dengan cuaca cerah, atau inventaris yang lebih besar menuju bulan-bulan musim panas. Jika bisnis kalian saat ini meng-iklanankan etalase atau kios untuk penjualannya. Menambahkan toko online memberi kalian cara untuk menemukan lebih banyak pembeli dan peluang untuk mengembangkan bisnis kalian. Kemampuan untuk menyesuaikan kacamata  dengan logo dan gambar yang tidak menghalangi pkalianngan seseorang, tren baru dalam bisnis kacamata , adalah kesempatan lain untuk menonjol jika Kalian menawarkannya lebih awal, lebih murah atau lebih baik daripada pesaing. 

Threats

Toko kacamata  baru yang akan dibuka di dekatnya adalah salah satu ancaman yang jelas. Yang lain dapat berupa department store yang mengembangkan desain dan gaya yang mereka tawarkan, atau kios terdekat yang dapat menawarkan barang dagangannya dengan harga lebih rendah karena biaya infrastrukturnya lebih rendah daripada kalian. Kurangnya orang terampil yang bersedia bekerja di toko kalian adalah sebuah ancaman. Jika pekerjaan lain berlimpah di daerah kalian, mungkin perlu membayar lebih untuk menarik staf ritel yang memenuhi syarat.

Ø  Analysis PEST

Politik

Pemerintah memberi kebijakan yang dapat berdampak pada organisasi atau sektor. Ini akan mencakup kebijakan politik dan stabilitas/ketidakstabilan serta perdagangan, fiskal, hukum perburuhan, hukum lingkungan dan kebijakan perpajakan juga.

Ekonomi

Pada Ekonomi berdampak pada kinerjanya, yang pada gilirannya berdampak langsung pada organisasi dan profitabilitasnya. Faktor-faktor tersebut meliputi tingkat suku bunga, tingkat pekerjaan atau pengangguran, tingkat inflasi, pendapatan yang dapat dibelanjakan, biaya bahan baku dan nilai tukar mata uang.

Sosial

Pada factor sosial berfokus pada lingkungan sosial dan mengidentifikasi tren yang muncul. Faktor ini membantu kalian untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan baru ataupun tetap. Faktor-faktor tersebut meliputi perubahan demografi, tingkat pendidikan, tren budaya, perubahan populasi, perubahan sikap dan sikap gaya hidup.

Teknologi

faktor ini mempertimbangkan tingkat perubahan dari teknologi, inovasi dan perkembangan yang dapat mempengaruhi pasar atau industri secara positif atau negatif. Faktor dapat mencakup perusahaan kalian agar tidak menghabiskan banyak dana untuk mengembangkan teknologi yang akan segera usang karena perubahan zaman. Seringkali ada kecenderungan untuk fokus pada perkembangan hanya dalam teknologi digital, tetapi juga harus mempertimbangkan metode distribusi, manufaktur, dan juga logistik baru.

PEST ANALYSIS

Politik

1.      Pembangunan

2.      Regulasi secara politik

3.      Services dari pemerintah terhadap pebisnis.

Ekonomi

1.      Bahan-bahan yang dibutuhkan

2.      Kurangnya perkembangan diberbagai perekonomian

3.      Kurs uang secara Global

4.      Pembayaran staff

5.      Pertumbuhan Rata-rata

Sosial

1.      Preferensi konsumen dan konsumenrisme

2.      Digitalisasi

3.      Berinvestasi dalam teknologi yang sedang tren

Teknologi

1.      Teknologi yang dapat dipakai

2.      Desain produk yang berkembang

3.      Memperkenalan desain tampilan digital untuk membangun koneksi antara pelanggan satu dengan yang lain.



ANALISIS KONSUMEN

Ø  STP

Segmentasi

Gaya hidup belanja online semakin hari semakin melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang melakukan pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka. Diharapkan  toko dapat memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat ini. Sikap konsumen terhadap hal baru dengan adanya penjualan toko online diharapkan memiliki respond yang baik terhadap toko ini.

 Targeting 

Setiap perusahaan perlu memiliki target pasar, karena sangat penting untuk menentukan calon konsumen yang akan menjadi pelanggan potensial. 

 Target utama untuk Toko

Semua konsumen yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, pada usia remaja hingga lanjut usia. Target konsumen di atas merupakan pasar yang potensial, karena toko Heraldsa menawarkan fasilitas yang sangat membantu para remaja yang hobi online untuk mencari kacamata dan konsumen yang lanjut usia untuk memudahkan mereka mencari kacamata dan memeriksakan matanya.

 Positioning 

Positioning sangat penting bagi para pengusaha untuk membuka usahanya, karena dapat menjadi ciri khas dari usahanya yang menjadi beda dari para pesaing untuk menarik para pelanggan yang potensial. Toko menawarkan fasilitas online sehingga dapat memudahkan para konsumennya untuk memperoleh kacamata dalam keterbatasan waktu dan kesibukan yang di alami oleh para konsumennya, selain itu juga memberikan kualitas produk yang baik.   

Ø  Costumer Persona

Costumer persona yang biasanya terdapat pada konsumen sebagai berikut:


 Ø  Early Adopter

First Market yang menjadi seseorang yang secara khusus adalah Brand Ambasador yang menjadi Early Adopter karena mempunyai Follower yang banyak dan aktif di media social yang akan mempromosikan dan memberi feedback terhadapt produck yang baru dan akan di launching.


CUSTOMER VALUE PROPOSITION

Kacamata Fashion kelas atas yang bergaya pada tren saat ini. Menawarkan produk berkualitas dengan harga yang sangat melemahkan persaingan. Pelanggan membeli sepasang kacamata dan mendapatkan package saat pembelian barang. Ini membantu perusahaan untuk memiliki proposisi penjualan yang unik dan meningkatkan popularitasnya. Brand yang sudah pasti dan terkenal dan layanan yang sesaui dengan klien.


LEAN MODEL CANVAS




ANALISIS PESAING

Positioning sangat penting bagi para pengusaha untuk membuka usahanya, karena dapat menjadi ciri khas dari usahanya yang menjadi beda dari para pesaing untuk menarik para pelanggan yang potensial. Secara fasilitas untuk memudahkan para konsumennya untuk memperoleh kacamata dalam keterbatasan waktu dan kesibukan yang di alami oleh para konsumennya, selain itu juga memberikan kualitas produk yang baik.   

 

·         Pasar produk yang unggul

Faktor seperti pertumbuhan ekonomi, perluasan jaringan distribusi, peningkatan pengaruh media sosial, inovasi dalam desain dan lensa kacamata akan mendorong segmen pasar kacamata. Investasi yang kuat dalam pemasaran & periklanan online juga merupakan salah satu pendorong utama ekspansi bisnis. Selain itu dukungan selebriti dan Brand Ambassador adalah salah satu strategi branding utama yang diadopsi oleh produsen utama. Pergeseran preferensi terhadap kacamata hitam serbaguna, kebutuhan akan anti-silau dan radiasi ultraviolet, dan perubahan gaya hidup konsumen akan mendorong ekspansi industri kacamata

·         Pasar berdasarkan Bahan yang terbaik

Ketersediaan produk dalam berbagai pilihan bahan logam seperti titanium, nikel, baja tahan karat, dan berilium menawarkan fleksibilitas dalam desain dan berkontribusi untuk mencapai karakteristik yang dibutuhkan. Fitur utama seperti kelangsingan bersama dengan sifat ringan, tampilan desainer premium, penyelesaian produk yang unggul dan penampilan estetika yang lebih baik dengan daya tahan yang ditingkatkan mendorong pertumbuhan pasar Fashion kacamata. 

·         Distribusi Pemasaran

Toko optik menyediakan variasi produk mulai dari merek ekonomis hingga produk premium, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Banyak toko optik menyediakan pemeriksaan gratis atau murah dari dokter mata terlatih. Untuk selanjutnya, toko-toko ini diharapkan menjadi saluran distribusi yang paling disukai oleh pelanggan untuk mendapatkan kacamata karena mereka dapat menerima berbagai layanan termasuk pemeriksaan mata dan layanan konsultasi.

 

·         Pasar Kompetitif

Strategi utama yang sering digunakan di antara para pelaku industri termasuk peluncuran produk baru, merger & akuisisi, kolaborasi, ekspansi kapasitas produksi, dan inovasi produk. Dari segi kompetitif social media sangan penting dalam melakukan hal-hal yang menguntungkan industry.





Comments

Popular posts from this blog

Segmentasi, Targeting dan Positioning Pada Produk Kacamata Modish

Saat ini, kacamata hitam tak hanya digunakan sebagai penghalau atas teriknya sinar matahari. Kacamata hitam adalah pernyataan gaya urban masa kini!  Dengan semakin banyaknya penggunaan kacamata hitam untuk bagian dari gaya modis, maka bentuknya pun tak biasa saja. Kian banyak produsen kacamata yang melakukan inovasi pada bentuk dan gaya dari kacamata itu sendiri. Bahkan, ada pembagian kacamata untuk musim panas, gaya minimalis hingga yang dikhususkan untuk clubbing. Perubahan gaya ini pun memunculkan peluang bisnis yang sangat manis. Para produsen kacamata bisa berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata yang tidak biasa, yang akan menarik minat para penggunanya yang modis. Segmentasi Gaya hidup belanja online semakin hari semakin melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang melakukan pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka. Diharapkan  toko Heraldsal dapat memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat ini. Si...

VRIO meaning is Value, Rare, Inimtable, Organization

Analisis VRIO Haloo, kali kita akan membahas mengenai VRIO dalam kewirausahaan. Tahukah kalian  Apa yang membuat organisasi kita bisa menjadi istimewa? Perlu kalian ketahui kerangka kerja VRIO adalah alat perencanaan strategis yang dirancang untuk membantu organisasi mengungkap dan melindungi sumber daya dan kemampuan yang memberi mereka keunggulan kompetitif jangka panjang. Perhatikan bahwa kami tidak hanya berbicara tentang daftar kekuatan kalian , yang merupakan hal-hal yang Kalian lakukan dengan baik tetapi tidak selalu unik untuk organisasi Kalian. Kita juga tidak berbicara tentang keuntungan yang bersifat sementara. Keunggulan kompetitif yang berkelanjutan adalah keunggulan yang tidak dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing di masa mendatang; mereka juga merupakan elemen penting dari kesuksesan bisnis.  Apakah Kalian memiliki satu atau banyak keunggulan kompetitif yang berkelanjutan, analisis VRIO akan membantu Kalian mengidentifikasi dan memanfaatkannya sebagai bagian da...

Bauran Pemasaran

                                                         Bauran pemasaran kacamata stylish Bauran Pemasaran yaitu pemasaran yang digunakan dalam mencapai tujuan pemasaran pada pasar yang ditujukan seperti E-commerce, Online Shop ataupun Offline Store. Dalam Bauran Pemasaran strategi yang memadukan kegiatan pemasaran dalam satu waktu untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa.  1.       Produk Sebuah barang yang dibuat dan dihasilkan dari sebuah bisnis yang dijalankan dan dapat ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, dipakai, dimiliki, atau dikonsumsikan sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.  Produk kali ini adalah bagaimana pemasaran Produk Kacamata Stylish yang berguna dalam penggunaan sehari-hari maupun tahunan dengan desain kacamata yang moder...