PENDAHULUAN
Ø Latar Belakang
Sejarah kacamata pertama kali dimulai dari Nero,
seorang kaisar Roma, yang berkuasa pada tahun 54 sampai 68 Masehi. Nero selalu menggunakan batu permata cekung untuk
membaca hingga menonton pertunjukan, walaupun tidak diketahui dengan pasti
apakah Nero memiliki masalah dengan penglihatannya. Semakin majunya zaman dan perkembangan
teknologi telah mendorong dalam berbagai sector ekonomi dan bisnis. Kacamata saat
ini merupakan kebutuhan dari orang yang mengunakan kacamata, selain untuk
membantu dalam penglihatan juga dapat digunakan untuk fasion.
Perkembangan kacamata dan lensa dari tahun ke
tahun juga semakin menarik. Aneka model dan jenis lensa terbaru, terus
diluncurkan oleh para produsen untuk menarik minat konsumen. kacamata tak hanya digunakan sebagai
penghalau atas teriknya sinar matahari. Kacamata fashionh digunakan dengan gaya
urban masa kini, dengan semakin banyaknya penggunaan kacamata hitam dan
sebagainya untuk bagian dari gaya fashion, maka bentuknya pun tak biasa saja. Ada
banyak produsen kacamata yang melakukan inovasi pada bentuk dan gaya dari
kacamata itu sendiri. Bahkan, ada pembagian kacamata untuk musim panas, gaya
minimalis hingga yang dikhususkan untuk clubbing. Perubahan gaya ini pun
memunculkan peluang bisnis yang sangat manis. Para produsen kacamata bisa
berimajinasi seliar mungkin untuk menciptakan kacamata yang tidak biasa, yang
akan menarik minat para penggunanya yang fashion.
Akibat
dari Rutinitas dalam beraktivitas dengan perangkat digital secara signifikan
mengubah cara manusia menggerakkan mata. Terlebih, mata tidak pernah berhenti
bekerja, kecuali saat tidur. Selain itu, arah pandangan mata tergantung pada
objek yang sedang diminati, dan tentu saja juga pada kegiatan sehari-hari, baik
itu percakapan, jalan-jalan di dalam kota atau aktivitas fisik yang terfokus.
Dengan contoh sebuah brand kacamata, berupaya memberikan kelebihan
pada fitur kacamata berupa penglihatan yang lebih optimal untuk semua kalangan
usia. Semua aspek bagi penggunanya juga telah diperhitungkan dalam setiap
pasangan lensa kacamata. Dengan menggunakan teknologi canggih, lensa ini dapat
memberikan kenyamanan visual saat sibuk beraktivitas sepanjang hari baik di
rumah maupun di kantor.
Ø Problem
Dalam penjualuan kacamata fashionh atau fashionable secara online
atau offline, Kesulitan mencocokkan volume penjualan pesaing, yang bisa menjadi
kelemahan jika jumlah mereka yang lebih banyak memberi harga yang lebih baik
dari vendor umum. Problem yang sering terikat oleh pengguna adalah perjuangan
memilih frame kacamata dan lensa kacamata yang cocok untuk penggunaan
sehari-hari dalam beraktifitas.
Seperti yang disebut tadi, pengguna dengan masalah penglihatan menginginkan dua
hal yaitu untuk melihat dengan jelas dan terlihat keren dengan Frame kacamata yang
sangat bergaya dan aksesori yang layak untuk menjadi landasan pacu. Sebuah
survei terbaru dari Vision Council of America menemukan lebih dari 19 persen
orang dewasa AS memakai kacamata tanpa resep, hanya untuk menjadi fashion. Banyak
orang berpikir memakai kacamata , terlepas dari kebutuhan
mereka untuk koreksi penglihatan, membuat mereka terlihat lebih rajin belajar,
dewasa atau trendi. Faktanya, banyak pengguna yang memilih untuk memakai
kacamata tanpa resep setelah menjalani operasi lasik hanya karena
kacamata adalah bagian dari "penampilan" secara keseluruhan.
Ø Solution
Sebagian besar orang tidak sadar bahwa mereka
membutuhkan resep kacamata fashion. Pelanggan malah cenderung mencari kacamata baru
yang fashion, tidak sadar bahwa tidak adanya resep dan perlindungan UV
menimbulkan ketidaknyamanan visual. Dengan solusi kacamata hitam dan aksesoris
yang diberikan fitur oleh brand, bisa menjawab setiap kebutuhan pengguna. Pengguna
tidak perlu lagi mengorbankan fungsi demi fashion. Tingkat kenyamanan visual,
performa, dan perlindungan luar ruangan mereka dengan kacamata hitam yang
paling fashion.
Ø Opportunity
Peluang untuk menjual kacamata dapat mencakup peningkatan
kehadiran di area dengan cuaca cerah, atau inventaris yang lebih besar menuju
bulan-bulan musim panas. Jika bisnis Kalian saat ini meng-iklankan etalase
atau kios untuk penjualannya. Menambahkan toko online memberi kalian cara untuk
menemukan lebih banyak pembeli dan peluang untuk mengembangkan bisnis kalian. Kemampuan
untuk menyesuaikan kacamata dengan logo dan gambar yang tidak menghalangi
pandangan seseorang, tren baru dalam bisnis kacamata , adalah kesempatan untuk
menonjol jika kalian menawarkannya lebih awal, lebih murah atau lebih baik
daripada pesaing.
ANALISIS
INTERNAL & EKSTERNAL
Ø VRIO
Kerangka kerja VRIO adalah alat yang digunakan
untuk menganalisis sumber daya dan kemampuan internal perusahaan untuk
mengetahui apakah mereka dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif yang
berkelanjutan. Istilah VRIO berasal dari kata value, rarity, imitability dan
organization
Kegunaan VRIO pada setiap perusahaan dibangun
untuk menawarkan semacam keuntungan atau sumber daya khusus ke target pasarnya.
Kerangka kerja VRIO adalah analisis internal yang membantu bisnis
mengidentifikasi keunggulan dan sumber daya yang memberi mereka keunggulan
kompetitif.
Ø SWOT
Memulai bisnis kacamata memberi kalian cara untuk bekerja
dengan gaya fashion terbaru dan membantu orang memilih pasangan terbaik agar
sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan luar ruangan mereka. Namun sebelum kalian
membeli etalase pertama untuk diisi dengan kacamata ,lakukan analisis
SWOT untuk mendokumentasikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang
dapat mempengaruhi keberhasilan kalian dalam menjual kacamata. Menganalisis
situasi dan potensi toko kalian sangat penting untuk membangun bisnis yang
menguntungkan.
Strengths
Di bagian kekuatan analisis SWOT Kalian, penetapan harga mungkin
menjadi poin yang kuat jika kalian menjual kacamata kalian lebih murah
daripada pesaing kalian. Kekuatan lain dapat terletak pada variasi gaya yang kalian
tawarkan, seperti kacamata desainer dan gaya yang menarik untuk berbagai usia.
Jika kalian adalah pemilik bisnis yang berpengalaman, itu adalah nilai plus
lainnya dalam bisnis kacamata kalian, terutama jika latar belakang kalian
adalah ritel. Kekuatan lain mungkin termasuk kesediaan untuk mendidik konsumen
tentang jenis perlindungan UV terbaik atau untuk menawarkan layanan perbaikan
dasar gratis sehingga pembeli mengingat toko kalian saat mereka membutuhkan
pasangan lain. Akses ke pemasok adalah kekuatan lain yang ingin di bawa ke
bisnis kalian.
Weaknesses
Jika kalian hanya menjual kacamata modish secara online atau di
toko ritel, kalian mungkin kesulitan mencocokkan volume penjualan pesaing, yang
bisa menjadi kelemahan jika jumlah mereka yang lebih banyak memberi mereka
harga yang lebih baik dari vendor umum. Bergantung pada berapa banyak ruang
etalase yang disewa di daerah Kalian, hambatan masuk mungkin rendah yang bisa
berarti persaingan ekstra. Kelemahan lain dari menjual kacamata adalah
fleksibilitas yang terbatas dalam penetapan harga. Terlalu tinggi, dan kalian
mungkin kehilangan bisnis karena toko, kios, dan department store yang harganya
lebih murah.
Opportunities
Peluang untuk menjual kacamata dapat mencakup peningkatan
kehadiran di area dengan cuaca cerah, atau inventaris yang lebih besar menuju
bulan-bulan musim panas. Jika bisnis kalian saat ini meng-iklanankan etalase
atau kios untuk penjualannya. Menambahkan toko online memberi kalian cara untuk
menemukan lebih banyak pembeli dan peluang untuk mengembangkan bisnis kalian. Kemampuan
untuk menyesuaikan kacamata dengan logo dan gambar yang tidak menghalangi
pkalianngan seseorang, tren baru dalam bisnis kacamata , adalah kesempatan lain
untuk menonjol jika Kalian menawarkannya lebih awal, lebih murah atau lebih
baik daripada pesaing.
Threats
Toko kacamata baru yang akan dibuka di dekatnya adalah salah
satu ancaman yang jelas. Yang lain dapat berupa department store yang
mengembangkan desain dan gaya yang mereka tawarkan, atau kios terdekat yang
dapat menawarkan barang dagangannya dengan harga lebih rendah karena biaya
infrastrukturnya lebih rendah daripada kalian. Kurangnya orang terampil yang
bersedia bekerja di toko kalian adalah sebuah ancaman. Jika pekerjaan lain
berlimpah di daerah kalian, mungkin perlu membayar lebih untuk menarik staf
ritel yang memenuhi syarat.
Ø Analysis
PEST
Politik
Pemerintah
memberi kebijakan yang dapat berdampak pada organisasi atau sektor. Ini
akan mencakup kebijakan politik dan stabilitas/ketidakstabilan serta
perdagangan, fiskal, hukum perburuhan, hukum lingkungan dan kebijakan
perpajakan juga.
Ekonomi
Pada
Ekonomi berdampak pada kinerjanya, yang pada gilirannya berdampak langsung pada
organisasi dan profitabilitasnya. Faktor-faktor tersebut meliputi tingkat
suku bunga, tingkat pekerjaan atau pengangguran, tingkat inflasi, pendapatan
yang dapat dibelanjakan, biaya bahan baku dan nilai tukar mata uang.
Sosial
Pada factor
sosial berfokus pada lingkungan
sosial dan mengidentifikasi tren yang muncul. Faktor ini membantu kalian
untuk lebih memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan baru ataupun tetap. Faktor-faktor
tersebut meliputi perubahan demografi, tingkat pendidikan, tren budaya,
perubahan populasi, perubahan sikap dan sikap gaya hidup.
Teknologi
faktor
ini mempertimbangkan tingkat perubahan dari teknologi, inovasi dan perkembangan
yang dapat mempengaruhi pasar atau industri secara positif atau negatif. Faktor
dapat mencakup perusahaan kalian agar tidak menghabiskan banyak dana untuk
mengembangkan teknologi yang akan segera usang karena perubahan zaman. Seringkali
ada kecenderungan untuk fokus pada perkembangan hanya dalam teknologi digital,
tetapi juga harus mempertimbangkan metode distribusi, manufaktur, dan juga
logistik baru.
|
PEST ANALYSIS |
|
|
Politik |
1. Pembangunan |
|
2. Regulasi secara politik |
|
|
3. Services dari pemerintah terhadap pebisnis. |
|
|
Ekonomi |
1. Bahan-bahan yang dibutuhkan |
|
2. Kurangnya perkembangan diberbagai perekonomian |
|
|
3. Kurs uang secara Global |
|
|
4. Pembayaran staff |
|
|
5. Pertumbuhan Rata-rata |
|
|
Sosial |
1. Preferensi konsumen dan konsumenrisme |
|
2. Digitalisasi |
|
|
3. Berinvestasi dalam teknologi yang sedang tren |
|
|
Teknologi |
1. Teknologi yang dapat dipakai |
|
2. Desain produk yang berkembang |
|
|
3. Memperkenalan desain tampilan digital untuk membangun koneksi
antara pelanggan satu dengan yang lain. |
|
ANALISIS
KONSUMEN
Ø STP
Segmentasi
Gaya hidup belanja online semakin
hari semakin melekat terhadap kebiasaan hidup. Dimana masyarakat lebih senang
melakukan pembelian melalui online, karena dapat menghemat waktu mereka.
Diharapkan toko dapat memenuhi kebutuhan dan prilaku masyarakat saat
ini. Sikap konsumen terhadap hal baru dengan adanya penjualan toko online
diharapkan memiliki respond yang baik terhadap toko ini.
Targeting
Setiap perusahaan perlu memiliki
target pasar, karena sangat penting untuk menentukan calon konsumen yang akan
menjadi pelanggan potensial.
Target utama untuk Toko
Semua konsumen yang berjenis kelamin
laki-laki dan perempuan, pada usia remaja hingga lanjut usia. Target konsumen
di atas merupakan pasar yang potensial, karena toko Heraldsa menawarkan
fasilitas yang sangat membantu para remaja yang hobi online untuk mencari
kacamata dan konsumen yang lanjut usia untuk memudahkan mereka mencari kacamata
dan memeriksakan matanya.
Positioning
Positioning sangat penting bagi para pengusaha untuk membuka usahanya, karena dapat menjadi ciri khas dari usahanya yang menjadi beda dari para pesaing untuk menarik para pelanggan yang potensial. Toko menawarkan fasilitas online sehingga dapat memudahkan para konsumennya untuk memperoleh kacamata dalam keterbatasan waktu dan kesibukan yang di alami oleh para konsumennya, selain itu juga memberikan kualitas produk yang baik.
Ø Costumer
Persona
Costumer persona yang biasanya terdapat pada konsumen sebagai berikut:
First
Market yang menjadi seseorang yang
secara khusus adalah Brand Ambasador yang menjadi Early Adopter karena
mempunyai Follower yang banyak dan aktif di media social yang akan
mempromosikan dan memberi feedback terhadapt produck yang baru dan akan di
launching.
CUSTOMER
VALUE PROPOSITION
Kacamata Fashion kelas atas
yang bergaya pada tren saat ini. Menawarkan produk berkualitas dengan
harga yang sangat melemahkan persaingan. Pelanggan membeli sepasang
kacamata dan mendapatkan package saat pembelian barang. Ini membantu perusahaan
untuk memiliki proposisi penjualan yang unik dan meningkatkan popularitasnya.
Brand yang sudah pasti dan terkenal dan layanan yang sesaui dengan klien.
LEAN MODEL CANVAS
ANALISIS
PESAING
Positioning sangat
penting bagi para pengusaha untuk membuka usahanya, karena dapat menjadi ciri
khas dari usahanya yang menjadi beda dari para pesaing untuk menarik para
pelanggan yang potensial. Secara fasilitas untuk memudahkan para konsumennya
untuk memperoleh kacamata dalam keterbatasan waktu dan kesibukan yang di alami
oleh para konsumennya, selain itu juga memberikan kualitas produk yang
baik.
·
Pasar produk yang unggul
Faktor seperti pertumbuhan ekonomi, perluasan jaringan
distribusi, peningkatan pengaruh media sosial, inovasi dalam desain dan lensa
kacamata akan mendorong segmen pasar kacamata. Investasi yang kuat dalam
pemasaran & periklanan online juga merupakan salah satu pendorong utama
ekspansi bisnis. Selain itu dukungan selebriti dan Brand Ambassador adalah
salah satu strategi branding utama yang diadopsi oleh produsen utama. Pergeseran
preferensi terhadap kacamata hitam serbaguna, kebutuhan akan anti-silau dan
radiasi ultraviolet, dan perubahan gaya hidup konsumen akan mendorong ekspansi industri
kacamata
·
Pasar berdasarkan Bahan yang terbaik
Ketersediaan
produk dalam berbagai pilihan bahan logam seperti titanium, nikel, baja tahan
karat, dan berilium menawarkan fleksibilitas dalam desain dan berkontribusi
untuk mencapai karakteristik yang dibutuhkan. Fitur utama seperti
kelangsingan bersama dengan sifat ringan, tampilan desainer premium,
penyelesaian produk yang unggul dan penampilan estetika yang lebih baik dengan
daya tahan yang ditingkatkan mendorong pertumbuhan pasar Fashion
kacamata.
·
Distribusi Pemasaran
Toko
optik menyediakan variasi produk mulai dari merek ekonomis hingga produk
premium, sehingga mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Banyak toko
optik menyediakan pemeriksaan gratis atau murah dari dokter mata terlatih. Untuk
selanjutnya, toko-toko ini diharapkan menjadi saluran distribusi yang paling
disukai oleh pelanggan untuk mendapatkan kacamata karena mereka dapat menerima
berbagai layanan termasuk pemeriksaan mata dan layanan konsultasi.
·
Pasar Kompetitif
Strategi utama yang sering digunakan di antara para pelaku industri termasuk peluncuran produk baru, merger & akuisisi, kolaborasi, ekspansi kapasitas produksi, dan inovasi produk. Dari segi kompetitif social media sangan penting dalam melakukan hal-hal yang menguntungkan industry.
Comments
Post a Comment